Senin, 15 November 2010

Dosen : Bapak Drs. Erwadi Bakar, M. Kom


Tugas 2 : " SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DARI TAHUN 1996 SAMPAI SEKARANG "


 

Sejarah perkembangan sistim informasi dari  tahun 1996 sampai sekarang
Diawal perkembangannya, komputer berukuran besar hanya dapat ditemukan di lembaga-lembaga tertentu. Harga komputer ini sangat fenomenal dan tidak terjangkau untuk individu. Namun, semuanya berubah ketika PC muncul pada pertengahan tahun '70-an. Sejalan perkembangan telknologi perangkat keras untuk PC dan software-nya, PC juga semakin canggih. Dengan di ikuti jumlah software aplikasi yang bertambah banyak,menjadikan computer, Berikut perkembangan nya dari tahun 1996-2010.

Era Komputer Multimedia / Pentium MMX ( tahun 1996-1997 )
Dimulai tahun 1996, aplikasi multimedia (yang menggabungkan teks, grafik, audio, dan animasi) mulai bermunculan. Pembuat hardware, seperti sound card dan graphic card, bergegas membuat teknologi yang dapat memproses instruksi multimedia. Hal ini disebabkan oleh prosesor yang tidak dapat memproses instruksi multimedia secara simultan. Tahun 1997 Intel mengatasi masalah ini dengan merilis prosesor Pentium MMX. Intel menambahkan instruksi multimedia ke dalam prosesor Pentium dengan teknologi multimedia extensions (MMX). Dengan chip Pentium MMX, menaikan kemampuan PC dalam memainkan game atau aplikasi multimedia. Intel juga membuat prosesor generasi ke-enam yang disebut dengan Pentium Pro. Chip-nya dibuat berdasarkan arsitektur baru yang disebut P6. Desainnya menggunakan teknik baru dalam memproses, seperti superpipelining, dynamic execution, dan on-chip L2 cache membuat performa Pentium hampir dua kah lebih cepat dari Pentium sebelumnya. Namun, chip Pentium Pro diutamakan untuk server (bukan PC).
       
Komputer Pentium II s/d Pentium IV ( tahun 1998-2005 ) 
 
Generasi lain prosesor Pentium dan PC keluar antara tahun 1998 sampai saat ini. Intel mengetuarkan Pentium II, Pentium III, dan kemudian seri Pentium 4. Masingmasing generasi memiliki teknik pemrosesan baru, dan terfokus pada kecepatan prosesor (saat ini diukur dengan GHz). Prosesor yang lebih cepat mengarah kepada lebih banyak inovasi di bidang multimedia dan aplikasi video. Contohnya, game PC menjadi lebih kaya grafis dan suara yang dihasilkan semakin dekat dengan suara dari perangkat hi-fi. Internet juga membawa lebih banyak aplikasi baru seperti untuk chat dan video conference.
 
Komputer Pentium D (Dual-Core) & Pentium Core 2 Duo ( tahun 2005 )
 
 Intel mengembangkan kemampuan dual chipset dalam satu prosesor untuk lebih mempercepat kinerja dari computer dan kapasitas memory L1 menjadi 2x lipat dari produk Pentium IV sebelumnya dengan memproduksi Pentium Dualcore dan Core 2 duo, yang pada awalnya dipergunakan pada computer jenis laptop. Tetapi pada awal tahun 2006 prosesor dualcore dan core 2 duo ini mulai dipergunakan pada computer jenis desktop. Perubahan regenerasi dari prosesor intel ini di ikuti juga oleh vendor hardware lainnya, seperti AMD juga sudah mulai memperkenalkan prosesor berbasis core 2 duo dengan tipe AMD Athlon 64 x2 yang tidak kalah canggihnya dengan prosesor core 2 duo yang dimiliki oleh Intel. Microsoft juga menyambut perubahan hardware generasi Pentium ini dengan mengembangkan dan merilis generasi baru dari Windows XP, yaitu Windows Vista yang sudah mulai di luncurkan mulai akhir tahun 2006.

Beberapa macam jenis Personal Computer ( PC ) yang terus dikembangkan adalah ; PC desktop

Untuk setiap jenis hardware dan software di produksi oleh beberapa perusahaan yang berbeda-deda.Misalnya;Intel,IBM,Microsoft,danlain-lain.
 
AMD Opteron TM

Sebuah mikroprosesor 64 byte yang dirilis AMD pada tahun 2003 untuk pasar workstation. Arsitektur prosesor ini sama dengan AMD Athlon 64, yaitu AMD64. Untuk pasar workstation, AMD Opteron berusaha  menyaingi prosesor buatan Intel, yaitu Xeon dan pesaing Itanium di pasar server high-end. AMD Opteron jauh lebih baik dari prosesor Intel Xeon yang berbasis mikroarsitektur Intel NetBurst dilihat dari performance/watt-nya (kinerja yang ditunjukkan tiap watt yang digunakan), tetapi belum bisa menyaingi efisiensi prosesor Intel Itanium 2.


 

 

 
Pentium M

Diperkenalkan sebagai bagian dari teknologi Intel Centrino pada 12 Maret 2003. Teknologi Centrino terletak pada susunan komponen, termasuk prosesor intel Pentium M atau Celeron M, chipset Untel 885 atau 915, dan PRO/Wireless adapter yang dapat digunakan untuk membangun sistem dengan support wireless yang terintegrasi dan baterai yang tahan lama.Bekerja lebih baik daripada pentium IV. Sebagai contoh, pentium M1,6 GHz memiliki kerja yang sebanding dengan Pentium IV 2,4 GHz saat menggunakan daya yang lemah.

PC Branded / PC Build-up


Adalah PC yang semua komponen dan spesifikasi dari hardware-nya, mulai dari monitor, CPU, mouse dan keyboard di lisensi oleh merk produsen komputer tertentu saja. komputer jenis ini lebih mahal dibandingkan jenis komputer rakitan karena produsen lebih menjamin komponen hardware yang digunakan dan garansi dengan pelayanan terbaiknya. Contoh merk komputer branded ini adalah; IBM, ACER, Compaq dan lainnya.

PC Rakitan atau Komputer Jangkrik

Adalah jenis PC yang komponen hardwarenya terdiri dari beberapa merk dan spesifikasi komputer sesuai keinginan dari pembelinya. Dan biasanya pembeli melakukan perakitan komputer sendiri di rumah atau dibantu oleh toko tempat membeli perangkat komputer rakitan ini. Komputer jenis ini tergolong murah karena pembeli bisa menyesuaikan jenis barang sesuai dengan keuangan yang dimilikinya. Pada komputer rakitan merk dipilih terhadap masing-masing komponen hardware, misalkan; untuk monitor menggunakan merk Samsung, motherboard Asus, VGA ATI, dan sebagainya.


Macintosh Power PC


 
Merupakan computer pribadi yang sama seperti computer jenis PC desktop tetapi untuk hardware dan software nya di buat oleh satu produsen yaitu Apple, jadi setiap macintosh mempunyai standar bentuk yang sama antara yang satu dengan yang lainnya. Dan biasanya jenis PC macintosh ini lebih banyak digunakan untuk aplikasi design grafis dan animasi.
 

Notebook / Laptop


Merupakan komputer yang mempunyai fungsi sama dengan PC desktop tetapi  perangakat hardware seperti keyboard, mouse, CPU, monitor menajdi satu dalam bentuk seperti lipatan buku, dan menggunakan power baterai charger yang bisa tahan hingga 5 jam. Jenis computer ini mudah dibawa kemana-mana karena bentukanya kecil dan ringan.
Beberpa merk notebook yang ada dipasaran saat ini, yaitu; IBM, Acer, Asus, Toshiba, dan lainnya, sedangkan untuk software biasanya dipercayakan kepada Microsoft.



Mac Book



Merupakan computer jenis macintosh yang berbentuk mirip dengan notebook dan hanya diproduksi  oleh perusahaan Apple.
 

PDA Pocket PC Windows
 
Personal Data Assistant ( Windows) merupakan pocket PC yang ukurannya hampir sama dengan ukuran dompet tetapi memiliki kemampuan standart seperti notebook dan berbasis operation system – nya menggunakan windows.


PDA Palm OS


Personal Data Assistant (Palm) sama fungsinya seperti Pocket PC yang diperoduksi oleh perusahaan Palm dan menggunakan operation sytem palm. PDA ini merupakan jenis PDA pertama yang keluar di pasaran.


Ultra Mobile PC (UMPC)


Merupakan model computer terbaru yang berbentuk lebih kecil dari notebook yang berkemampuan seperti notebook dan untuk meng-input datanya menggunakan touch screen.

 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar